Cara Trading Demo Yang Berguna

Halo sahabat trader, kali ini saya akan berbagi dengan anda tentang suatu hal yang tidak mudah untuk dilakukan namun harus dilakukan, tidak ada tujuan lain kecuali untuk meningkatkan kemampuan kita dalam mengais dolar bersama forex trading. Adapun yang akan saya sampaikan adalah berhubungan dengan trading pada account demo. Banyak orang  bilang bahwa trading demo itu tidak menggambarkan kemampuan trading yang sesungguhnya, pertanyaannya adalah trading demo yang seperti apa dan bagaimana cara melakukannya.

Pertama :
Pastikan anda sudah memiliki konsep trading lengkap meliputi indikator apa yang akan anda pakai, di pair apa, pada time frame berapa, dengan dana berapa, masuknya berapa lot, menggunakan stop loss dan take profit apa tidak, jika menggunakan berapa point, jika tidak menggunakan stop loss kalau benar diapakan, kalau salah diapakan, dan lain sebagainya, setelah semua siap, kini mari kita lanjutkan pada nomor dua.

Kedua :
Silahkan membuka akun demo di broker pilihan anda dengan jumlah margi sesuai dengan rencana anda trading.

Ketiga :
Berikan Nomor Login dan Password Investor akun demo anda kepada beberapa teman anda dan minta tolong pada mereka untuk membantu mengamati akun demo anda, tujuannya adalah untuk memberikan beban dan agar anda tidak sembarangan.

Keempat :
Mulailah trading demo sesuai dengan kerangka rencana trading anda yang sudah dibuat, jangan melakukan yang tidak sesuai dengan rencana anda.

Kelima :
Disitu akan terlihat kemampuan anda yang sebenarnya, bukan hanya sekedar kemampuan teori, jangan malu-malu biarkan semua orang mentertawakan akun demo anda jika hancur, dan biarkan orang lain membanggakan akun demo anda yang sukses dan sesuai rencana.

Dengan melakukan kelima langkah diatas, maka trading demo yang anda lakukan benar-benar berguna khususnya untuk diri anda sendiri.

Trading Demo Yang Tidak Berguna dan Hanya Buang Waktu
Trading demo yang hanya akan membuang waktu anda dan sama sekali tidak akan membawa manfaat pembelajaran adalah demo yang tidak diberi beban dan demo yang tidak sesuai rencana, mentang-mentang tidak ada dananya akhirnya masuk posisi tidak disiplin, tidak memperhatikan manajemen resiko, besaran lots nya tidak terencana dan tidak menggambarkan jika trading real. Hancur bikin lagi, hancur bikin lagi, hancur bikin lagi, profit banyak di print dipamerkan pada teman-temannya atau calon nasabahnya, demo yang seperti ini tidak ada gunanya dan benar-benar hanya akan membuang waktu anda.

Kesimpulan :
Trading demo harus menggambarkan trading real, jika dalam trading real anda perseribu dolar margin masuk 0.1 lots maka dalam demo juga harus demikian, jika dalam trading real anda menggunakan stoploss maka dalam demo juga harus demikian, dan lain sebagainya, pokoknya apa yang anda lakukan di demo harus sama dengan apa yang anda lakukan di real. Jika tidak sebaiknya anda buka facebook atau twiter saja. 

Dan jika anda mendapatkan formula sukses dalam demo trading selama minimal 3 bulan berturut-turut, maka jika anda menerapkan dalam real, maka anda harus melakukannya dengan benar-benar sama, dalam demo anda tidak menggunakan stoploss dan takeprofit hanya beberapa pips dengan lots yang agak besar, begitu berhadapan dengan real account anda menggunakan stop loss, itu adalah contoh bahwa demo anda benar-benar tidak ada manfaatnya. 

Demikian semoga bermanfaat dan pastikan anda melakukan demo dengan tujuan yang berguna bukan hanya sekedar ceklak - ceklik.

Salam Hormat,
Professortrader Team