468x60 Ads


Cara Membuat Rencana Trading

Kali ini kita akan mengulas sedikit tentang Cara Membuat Rencana Trading dengan strategi trading paling sederhana yatiu Mekanisme Trading Standart, dimana setiap posisi selalu dilengkapi dengan stoploss, takeprofit dan trailing stop.

Pertama : Tentukan Volume Transaksi.
Sebelum trading dimulai sebaiknya kita merencanakan berapa volume transaksi kita, kita akan masuk posisi berapa lot, jangan sembarangan atau asal klik aja, perhitungkan dengan cermat, jika kita ragu sebaiknya tidak usah masuk posisi, jadi apapun yang terjadi kita tidak tahu, tapi setidaknya sebelum masuk posisi kita harus memiliki keyakinan bahwa prediksi kita akan benar.

Kedua : Tentukan Analisa.
Setelah volume transaksi atau lots sudah kita tentukan, kini saatnya kita menentukan Analisa yang akan kita pakai, kita akan menggunakan analisa teknikal, fundamental atau kedua-duanya, jika kita melibatkan analisa teknikal, analisa jenis apa, fibonacci, trendline, candle stick atau indikator?, jika kita melibatkan indikator, indikator apa yang kita pilih, paramaternya apa saja.

Ketiga : Manajemen Resiko.
Setelah lots dan analisa sudah kita tentukan, kini saatnya kita mempersiapkan manajemen resiko, kita akan menempatkan stoploss atau akan melakukan cutloss secara manual, berapa point?, semua harus sudah jelas didepan.

Keempat : Manajemen Profit.
Bukan hanya manajemen resiko yang harus kita siapkan, kita juga harus menyiapkan manajemen profit, kita akan menempatkan takeprofit atau akan menutup posisi profit secara manual?, semua harus direncanakan didepan.

Kelima : Action.
Begitu semua sudah siap, kini saatnya mewujudkan rencana, dan ketika signal yang anda tunggu telah datang, maka segera lakukan rencana anda dan jangan banyak berpikir, mengapa demikian?, karena saat itu anda sudah netral lagi, pikiran anda sudah berada dalam tekanan rasa panik, takut, dan lain sebagainya, dan dalam kondisi seperti itu keputusan yang diambil akan cenderung salah.

Demikian sekilas panduan singkat tentang Cara Membuat Rencana Trading, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua, dan bagaimanapun juga semua perencanaan yang telah kita buat tidak akan berguna jika kita tidak Komitmen Pada Rencana Trading yang telah kita buat.