Langsung ke konten utama

Komitmen Pada Rencana Trading

Belajar itu tidak ada pensiunnya saudara - saudara, tidak terkecuali Belajar Komitmen Dalam Trading, sebagaimana kita pahami bersama bahwa Pengendalian Diri Dalam Trading Adalah Hal Terpenting, maka jangan pernah bosan untuk selalu belajar dan belajar. Ketika kita sudah mengetahui Cara Membuat Rencana Trading, maka kita harus berusaha semaksimal mungkin untuk tidak menghianatinya.

Indikator penentu signal teknikal sudah dipilih, fundamental sudah dipelajari dan disimpulkan, lot open posisi, stoploss, takeprofit dan beberapa rencana lain sudah ditentukan, maka kini jangan berpikir lagi, laksanakan dengan berani apa yang sudah ditetapkan, Apapun yang terjadi, tutup layar metatrader anda dan beralihlah ke facebook, twitter atau lainnya, jika khawatir akan terpengaruh untuk menghianati rencana.

Kebanyakan dari kita, tidak terkecuali saya sendiri, sangat lemah dalam memegang komitmen yang telah kita buat sendiri, hal itu membuat ilmu yang kita pelajari berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun menjadi tidak ada gunanya, menjadi sia-sia alias menjadi ilmu yang tidak membawa manfaat sama sekali. Semua orang mengakui bahwa Komitmen Pada Rencana Trading itu tidak mudah karena hal itu berhubungan dengan Keberanian Dalam Trading.

Walaupun sulit, untuk selalu Komitmen Pada Rencana Trading, namun kita tidak punya pilihan lain, ibarat sebuah rumah itu adalah kuncinya, jangan mimpi kita masuk rumah jika kita tidak memiliki kuncinya, begitu pula dengan trading, Bahkan bermimpipun kita tidak berhak untuk sukses dalam trading jika kita tidak Komitmen Pada Rencana Trading.

Coba anda bayangkan, setelah anda melakukan riset mulai dari analisa teknikal dan fundamental, dan setelah anda menemukan suatu kesimpulan yang akan menggambarkan trend dan anda sudah berencana akan melakukan aksi buy atau sell jika terjadi pola seperti ini atau seperti itu, anda sudah yakin jika pola yang anda tunggu telah terjadi maka kecenderungan harga akan bergerak sesuai prediksi anda. Namun dalam proses menunggu peluang anda tidak sabar dan akhirnya masuk pasar padahal pola yang anda tunggu belum muncul, lantas apa manfaat dari ilmu yang kita pelajari.

Dalam kondisi berbeda, ketika signal atau pola yang kita tunggu benar-benar datang, pada saat itu, mental atau nyali kita tiba-tiba menciut, keringat dingin mulai menetes, jari telunjuk yang hampir ngeklik new order mendadak gemetar, akhirnya memicu otak untuk mencari-cari pembenaran untuk tidak jadi masuk posisi, yang alasan indikator ini beginilah begitulah, fundamentalnya beginilah begitulah, padahal sebenarnya adalah takut. Hemm, hal ini benar-benar permasalahan trading yang sangat serius.

Demikian sekilas informasi, mari belajar terus menerus untuk selalu Komitmen Pada Rencana Trading, semoga hari demi hari ilmu dan kemampuan kita akan meningkat seiring waktu.